Tanah Suci, Kado Terindah yang Kudapati

Kamis, 9 Februari 2017 adalah hari dimana saya tiba di Saudi Arabia. Tepat 3 tahun telah berlalu. "Allah S.W.T tidak memanggil yang MAMPU....Allah memanggil yang MAU, RINDU, dan YAKIN".


Haramain, tanah suci Mekkah - Saudi Arabia
Kamis, 9 Februari 2017 adalah hari dimana saya tiba di Tanah Suci, Mekkah – Saudi Arabia. Tepat 1 tahun masih tersisa 19 hari lagi hitungan mundur.

Perkenalan Diri

   Perkenalkan saya Nursahid, berasal dari desa Eretan kabupaten Indramayu. Saya masih belum percaya bisa menginjakkan kaki di tanah suci ini, Mekkah – Saudi Arabia. Suatu kota yang diharamkan baginya umat selain umat muslim dan juga diimpikan oleh setiap muslim di seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali saya sendiri tentunya.

   Lima tahun lalu, pada tahun 2015 sepulangnya dari perantauan sebagai nelayan penangkap ikan tuna di kapal Longline Shen Gang Fa II milik perusahaan Taiwan yang area penangkapannya sekitar lautan Pacifik.

   Saat itu terpikirkan untuk pergi melaut kembali, tapi ayah saya tidak merestui keputusan tersebut. Akhirnya saya melamar kerja di kota Tangerang sebagai Staff Administrasi merangkap Supervisor Cleaning Service pada perusahaan milik Australia yang berlokasi di Jakarta Barat, perusahaan itu dinaungi PT Mandiri Putra Bangsa. Hari itu pun saya baru mengetahui kematian ibu yang sudah 1 tahun berlalu.

Tentang Ambisi Jauh sebelum Tanah Suci

   Selama 2 bulan saya bekerja di Tangerang, saya tertarik dengan berbagai peluang kerja luar negeri selain sebagai pelaut tentunya. Saat itu pada beranda sosial media milik saya pribadi, sering sekali muncul postingan kabar beranda yang sangat memotivasi dan saya memimpikan telah berada di situ, lantas setelah melihat videonya pun semakin terambisi.

   Tetapi saya bingung sebab impian saya tuk bekerja di kapal pesiar belum tercapai. Sampai suatu hari, saya mendapatkan pesan notif dari halaman Facebook Agensi Kapal Pesiar Meranti Magsaysay ( kini berubah nama menjadi Alpha Magsaysay ) tentang lowongan kerja di kapal Princess Cruise, dan saya pun resign dari yayasan setelah 7 bulan bekerja, tepat bulan Agustus 2016 secara resmi saya berhenti mengundurkan diri dari pekerjaan atau resign.

   Saat yang dinanti pun tiba, saya memberanikan diri untuk melamar kerja pada agensi kapal pesiar Alpha Magsaysay. Namun sayangnya ditolak sebab pengalaman kerja yang saya miliki masih belum cukup menunjang sesuai persyaratan perekrutan calon awak kapal, walaupun pengalaman kerja saya berada dalam bidang yang sama dengan jenis pekerjaan yang akan saya lamar itu. Walau demikian, pihak Agensi berbaik hati dan menawarkan solusi kepada Saya supaya diterima dengan persyaratan pernah magang kerja di hotel minimal berbintang 3.

   Kemudian saya berniat magang di hotel sekitar Indramayu. Tapi, tak ada yang menerima. Kemudian saya browsing melalui group social media yang saya ikuti, dan saya simpan nomor kontak pembuatnya. Seminggu kemudian Broadcast BBM ( Blackberry Messenger ) masuk mengabarkan lowongan kerja hotel di Saudi Arabia.

Sebuah Kesempatan

   Dan saya berniat magang di hotel sekitar Indramayu. Tapi, tak ada satu hotelpun yang menerima saya. Kemudian saya browsing melalui group sosial media KAPAL PESIAR (GROUP PEMULA DAN EXPERT SALING BERBAGI)YASMI FHP&FHSS CIREBON) yang saya ikuti, dan saya simpan nomor kontak pembuatnya. Seminggu kemudian Broadcast BBM mengabarkan lowongan kerja hotel di Saudi Arabia.

   Kalau sekarang, kalian bisa cek Facebook Page Elite International Recruitment untuk update informasi mengenai lowongan kerja luar negri khusus di Negara-negara Timur Tengah. Atau bisa mampir ke Job and Training Network mengenai lowongan kerja di Kanada. Keterangannya ada di bawah postingan yah! ⇓

Rindu Tanah Suci, Mekkah - Saudi ARabia

 

Allah tidak memanggil yang mampu, Melainkan Allah memanggil yang Mau, Rindu & Yakin

“Allah S.W.T tidak memanggil yang MAMPU, Allah S.W.T memanggil yang MAU,RINDU,dan YAKIN”

Oke, dilanjut yah ke cerita utama!

   Tak pikir Panjang, pertama-tama saya menyiapkan segala berkas yang diperlukan sesuai dengan apa yang diinstruksikan. Setelah saya konsultasikan kepada pembuat grup tersebut, dengan sedikit bantuan dari beliau, berkas lamaran kerja saya pun diterimanya.

   Tiga November 2016 diadakan wawancara kerja oleh Agensi Perekrut Calon TKI, HRD hotel yang berasal dari Jordan dan anak pemilik hotel dari Saudi Arabia. Wawancara diadakan di Jakarta. Dengan berbekal Bahasa Inggris yang lumayan lancar ( gimana gak lancar, wong hanya Introduction kok ) walaupun begitu saya optimis dan salah satu pewawancaranya merasa senang dengan saya “ Insha Allah, we’ll meet you soon ” kata pewawancara tersebut.

Mimpi yang Nyata

   Dua hari kemudian, saya dikabarkan lulus dengan rincian biaya yang harus dibayar serta dokumen lain yang segera dilengkapi. Dan enam hari setelahnya saya menjalani Medical CheckUp di Klinik Salamat yang ditunjuk agensi, klinik tersebut beralamatkan di Jakarta Barat. Dalam waktu Seminggu Menunggu saya pun diberitahukan untuk membayar sisa biaya proses perekrutan dan segera melengkapi dokumen yang belum terpenuhi.

   Selama 1,5 bulan penantian setelah proses Medical CheckUp, pengajuan visa kerja dari kedutaan Arab Saudi telah disetujui, beserta tiket pesawat pun tertulis tanggal 9 Februari 2017 resmi berangkat.

   Sebuah mimpi yang tak terbayangkan bagiku kan jadi kenyataan hanya selang menanti selama 1 tahun, sesaat saya membayangkannya dan tak mudah merengkuhnya, karena untuk membiayai proses ini, pihak keluarga dengan rela menjual rumah satu-satunya peninggalan mendiang ibu. Dikarenakan memang sudah tak layak dihuni serta alasan keluarga yang tak bisa saya sampaikan pada tulisan ini.

   Akhirnya melihat Ka’bah, shalat di Masjidil Haram pada hari Jumát, 10 Februari 2017. Adalah kado ulang tahun terindah yang pernah diberikan-Nya untukku. Alhamdulillah, panjatkan sukur selalu untuk nikmat yang tak terkira ini.

Dokumen yang diperlukan :

  • Passport ( dibuat di Kantor Imigrasi Cirebon ) biaya pembuatan sekitar Rp 350K untuk passport biasa dan Rp 600K untuk passport elektrik. Hindari calo yah!.
  • Nama pada Passport harus terdiri dari 3 suku kata untuk negara Timur Tengah ( contoh : Abdul Aziz Dhoni; Bila Nama asli Cuma 1 suku kata missal, Abdi. Bisa ditambahkan nama ayah dan kakek) bila nama pada passport belum 3 suku kata maka harus diendorsement dengan biaya Rp 300K.

  • Dokumen yang diperlukan untuk pembuatan Passport : KTP, KK, Akte lahir / Ijazah ( nama harus sama ).
  • Biaya proses perekrutan ke timur tengah sekitar Rp 8,5 juta sudah termasuk biaya medical Checkup Rp 300K ( hindari sebisa mungkin sponsor, jangan melamar kerja melalui sponsor tapi datang langsung ke kantor agensi ).
  • Kuasai Bahasa Inggris, sebab pewawancara menggunakan Bahasa inggris meski melamar kerja tujuan negara Timur Tengah ( mudah kok, interviewnya cuma introduction).

Shalat Jum'at & Umroh Pertama

Halaman Facebook yang berisi informasi lowongan kerja luar negri

| Bagikan post ini

Share on facebook
Share on skype
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on google
Share on email
Share on print

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

| YOU MIGHT ALSO LIKE

Bir Tuwa
Landmark

Tempat Pemandian Rasulullah SAW, Bir Tuwa

Bir Tuwa adalah sumur di Mekah di mana Nabi Muhammad (saw) berhenti ketika ia melakukan haji untuk mandi di sana.

Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad (SAW) juga menghabiskan malam di sekitar sumur ini ketika hendak menaklukan kota Mekkah.

Diary

Tanah Suci, Kado Terindah yang Kudapati

Kamis, 9 Februari 2017 adalah hari dimana saya tiba di Saudi Arabia. Tepat 3 tahun telah berlalu.

“Allah S.W.T tidak memanggil yang MAMPU….Allah memanggil yang MAU, RINDU, dan YAKIN”.

Sedang Mencari Plugin Wordpress?

Kami siap melayani jasa pemasangan plugin di website Anda