Bir Tuwa

Tempat Pemandian Rasulullah SAW, Bir Tuwa

Bir Tuwa adalah sumur di Mekah di mana Nabi Muhammad (saw) berhenti ketika ia melakukan haji untuk mandi di sana. Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad (SAW) juga menghabiskan malam di sekitar sumur ini ketika hendak menaklukan kota Mekkah.

Pada zaman kenabian, penduduk sekitar kota Mekkah menggunakan sumur guna kebutuhan akan ketersediaan sumber air. Seperti sumur Zam-zam yang berada dekat Ka’bah.

Ada tempat yang terletak di jarwal, yang disebut Tuwa. Nama tersebut diambil dari nama sebuah sumur, Sumur Tuwa juga disebut Bir Tuwa (Bir dalam b. Arab berarti sumur).

Sumur ini konon digunakan oleh Rasulullah SAW untuk mandi.

Jarwal

Sumur Tua atau Bir Tuwa terletak di daerah Jarwal, di depan Rumah Sakit Bersalin di jalan Omar bin Abdulaziz. Daerah ini merupakan salah satu tempat terkenal dan kaya akan warisan di kota Makkah, terdapat Qasr bin Sulaiman Historical dan Al Khalaf Historic Palace.

Tempat ini sangat populer karena pasar tradisionalnya, pedagang grosir maupun eceran menjual berbagai macam barang seperti dupa, buah dan sayuran, pakan ternak, daging, juga pasar domba.

Sebagian besar dari pasar dipindahkan ke daerah Kaakiya. Pasar di Jarwal merupakan pasar tertua.

Sejarah Bir Tuwa

Bir Tuwa adalah sumur di Mekah di mana Nabi Muhammad SAW berhenti ketika ia melakukan haji. Beliau juga mandi dengan menggunakan air sumur ini. Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW juga menghabiskan malam di sekitar area sumur ini.

Dikutip dari laman http://www.hajumrahcomplaints.org/bir-tuwa-the-well-of-tuwa/ dikatakan ‘Abdullah bin Zubayr menceritakan bahwa Nabi (SAW) mengatakan seribu nabi dari Bani Isra’il mengikat tunggangan mereka di Tuwa dan mandi dengan airnya.

Pintu Masuk Bir Tuwa

Al-Zaraqi mengatakan bahwa Zubaydah, istri Harun al-Rashid, membangun masjid di lokasi ini.

Dr. Fawaz Al-Dahas, profesor sejarah dan peradaban Islam di Umm Al-Qura University, mengatakan Nabi Muhammad SAW diyakini telah mandi menggunakan air dari sumur Tuwa ketika malam sebelum penaklukan Makkah pada tahun 630 AD. 

Sejarah singkatnya, Nabi (SAW) membagi pasukan menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama dipimpin oleh Nabi Muhammad SAW dan kelompok kedua dipimpin oleh Khaled bin Walid.

Nabi memerintahkan pasukannya untuk tinggal di tempat ini sebelum pergi menuju Ka’bah, Jelas Dr. Fawaz.

Rute Perjalanan ke Bir Tuwa

Bagi jamaah umrah/haji yang hendak melihat tempat ini, sangatlah dekat dari masjidil haram. Tempat ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki yang jaraknya 1,2 km. Patokan dari Masjidil Haramnya dari arah menuju Hotel Anjum lurus ke arah terminal Saptco.

Seperti dilansir dari laman Saudi Gazette baru-baru ini telah ditutup dan dinding dibangun oleh Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional (SCTH) di sekitar sumur untuk melindunginya dari kerusakan.

Beruntungnya tempat bersejarah ini masih berdiri kokoh meski sudah jarang dikunjungi oleh peziarah. 

Artikel tentang bir Tuwa juga bisa sobat baca pada kumpulan artikel saya di portal UC News. simak di sini yah! sobat hanya klik tombol di bawah ini dan akan muncul halaman dari UC News yang memuat artikelnyaS

Untuk mengetahui keadaan terkini sumur Tuwa alias bir Tuwa ini, mari kita tonton video di bawah ini.

| Bagikan post ini

Share on facebook
Share on skype
Share on telegram
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on google
Share on email
Share on print

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

| YOU MIGHT ALSO LIKE

Bir Tuwa
Landmark

Tempat Pemandian Rasulullah SAW, Bir Tuwa

Bir Tuwa adalah sumur di Mekah di mana Nabi Muhammad (saw) berhenti ketika ia melakukan haji untuk mandi di sana.

Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad (SAW) juga menghabiskan malam di sekitar sumur ini ketika hendak menaklukan kota Mekkah.

Diary

Tanah Suci, Kado Terindah yang Kudapati

Kamis, 9 Februari 2017 adalah hari dimana saya tiba di Saudi Arabia. Tepat 3 tahun telah berlalu.

“Allah S.W.T tidak memanggil yang MAMPU….Allah memanggil yang MAU, RINDU, dan YAKIN”.

Sedang Mencari Plugin Wordpress?

Kami siap melayani jasa pemasangan plugin di website Anda